Object adalah merupakan suatu bentuk dari class. Setiap objek memiliki dua karakteristik yaitu Attribute dan Method.
Attribute merupakan identitas atau informasi objek itu sendiri atau
disebut juga sebagai variable, sedangkan Method adalah tingkah laku atau
apa yang dapat dilakukan oleh objek itu. Object adalah instance dari
class. Jika class secara umum merepresentasikan (template) sebuah
object, sebuah instance adalah representasi nyata dari class itu
sendiri. Banyak orang menggunakan analogi kue untuk menggambarkan
hubungan dari kelas dan objek . Cetakan kue adalah kelas . Anda tidak
bisa makan cetakan kue , namun Anda dapat menggunakannya untuk membuat
kue , kue adalah objek. Ketika Anda membuat kue menggunakan cetakan kue ,
Anda instantiate kelas kue , menciptakan objek dari kelas . Anda dapat
menggunakan cetakan kue yang sama untuk membuat berbagai macam kue .
Meskipun semua kue yang dibuat akan memiliki bentuk yang sama , beberapa
mungkin cokelat , yang lainnya adalah lemon , atau vanili , beberapa
mungkin berwarna buram atau diberi taburan di atasnya . Karakteristik
kue , seperti rasa dan topping , yaitu properti dari objek .
Cara Membuat Object :
- Buatlah project baru , kemudian buatlah kelas baru bernama Luas Persegi Panjang .
- Kita berikan atribut, kita pikirkan apa yang diperlukan untuk mencari Luas Persegi Panjang seperti panjang dan lebar, maka kode kita menjadi :
3.lalu kita berikan method! sementara ini bisanya persegi panjang ini hanya permulaan, kode program kita akan tampak seperti ini
namespace OOP_luas_persegi_panjang
{
class luas_persegipanjang
{
//atribut
private double p, l;
public void setPanjang(double Panjang) // mengisi nilai p
{
p = Panjang;
}
public void setLebar(double Lebar) // mengisi nilai l
{
l = Lebar;
}
public double getPanjang() //mendapat nilai p
{
return p;
}
public double getLebar() //mendapat nilai l
{
return l;
}
//method
public double LuasPersegiPanjang()
{
return p * l;
}
}
4.Anda sudah memiliki Lingkaran dengan jari-jari dan juga kemampuan untuk menghitung luas lingkaran .Lalu apakah kita bisa mengeksekusinya ??? belum.. kenapa? Karena anda butuh sosok nyata dari seorang Lingkaran yang kita sebut OBJEK. Nah untuk membuat objectnya anda memerlukan sebuah method special yang disebut method konstruktor. Seperti namanya konstruktor ini bertugas mengkonstruk, atau menciptakan sebuah objek dari kelas tertentu, aturan pembuatan konstruktor adalah
- nama konstruktor harus sama dengan nama kelas
- sebuah kelas bisa terdiri dari satu atau beberapa konstruktor.
- Jika kontruktor tidak anda buat, maka java akan membuatkan kostruktor default dengan nama NamaKelasAnda(){}
- sebaiknya anda deklarasikan saja agar sesuai ingin anda.
Baiklah mari kita buat, berikut kodenya
5.Selanjutnya adalah menjalankannya, .., tahapannya adalah menciptakan object dengan cara menuliskannya dalam method main sebagai berikut
6. Nah,jika di debugg akan menjadi seperti
Tidak ada komentar:
Posting Komentar