Penggunaan rumus dan fungsi untuk perhitungan dan pengolahan data pada
software perkantoran merupakan fungsi utama Microsoft Excel. Contoh penggunaan rumus
sederhana pada sebuah dokumen .
Buat dokumen seperti pada Gambar tetapi kosongkan dulu kolom Biaya pada
semua triwulan. Pengisian kolom biaya menggunakan rumus sehingga untuk data
berikutnya tinggal copy rumusnya. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Klik Cell pertama pada kolom biaya misalnya Cell F16, kemudian ketikkan =D16*E16
kemudian tekan Enter.
2. Copy rumus pada Cell F16 ke Cell F17 sampai F19 dengan cara tarik kebawah
sampai F19 fill handle yang ada dipojok Cell F16 kemudian lepaskan, hasil copy
rumus akan tampil pada Cell F17 sampai F19.
3. Lakukan langkah 1 dan 2 untuk kolom biaya pada Cell H16, J16, dan N16.
Catatan:
Rumus dan fungsi dalam Excel mempunyai pengertian yang berbeda, rumus berupa
instruksi matematika dalam suatu sel/range dalam lembar kerja dengan operator aritmatik:
+,-, ,/,* dan ^. Fungsi merupakan rumus siap pakai yang digunakan sebagai alat bantu
dalam proses perhitungan. Excel menyediakan ratusan fungsi siap pakai diantaranya fungsi
tanggal dan waktu, matematika dan trigonometri, finansial, statistik, lookup dan referensi,
database, teks, dan lain-lain.
Penulisan rumus dengan menunjuk referensi cell sangat dianjurkan untuk mengurangi
kemungkinan kesalahan ketik, sehingga penulisan rumus pada cell F16 dilakukan dengan
langkah berikut ini:
1. Tempatkan penunjuk cell pada posisi yang diinginkan,dalam contoh ini cell F16.
2. Ketik tanda = (sama dengan), dilanjutkan klik sel D16.
3. Ketik tanda * (kali), dilanjutkan dengan klik sel E16.
4. Tekan tombol Enter.
9 Rumus dengan Referensi Cell Relatif
Cell relatif atau cell bebas adalah alamat cell yang jika disalin (copy) menyesuaikan dengan
tempat atau lokasi yang baru. Dengan contoh yang serupa, rumus untuk menghitung
jumlah pada cell C8 adalah =C6*C7. Cell D8 diisi dengan menyalin rumus dari cell D8 atau
dengan istilah lain rumus tersebut disalin dan ditempatkan di sebelah kanan. Rumus pada
cell D8 secara otomatis akan terisi =D6*D7.
Anda perhatikan kedua contoh diatas, jika alamat cell relatif disalin ke arah bawah, kolom
alamat cell tersebut tetap sedangkan baris akan menyesuaikan dengan tempat yang baru.
Sebaliknya jika disalin ke arah samping, posisi baris alamat cell tersebut tetap, sedangkan
kolom akan menyesuaikan dengan posisi yang baru. Alamat cell relatif disebut juga dengan
istilah cell bebas, artinya posisi kolom dan baris tidak terkunci (posisi terkunci diawali
dengan tanda $), sebagai contoh A5, C7, D10 dan sebagainya.
9 Rumus dengan Referensi Cell Semi Absolut
Cell semi absolut ditandai dengan $ pada salah satu posisi; kolom atau baris, dengan kata
lain semi absolut dibagi atas absolut kolom, misalnya $A3, dan absolut baris, misalnya C$1.
Alamat cell absolut kolom jika disalin ke posisi baru, kolom yang bersangkutan selalu tetap
sedangkan baris akan berubah sesuai dengan posisi baru. Alamat cell absolut baris
(contohc$1) jika disalin ke posisi baru, baris yang bersangkutan selalu tetap, sedangkan
kolomnya akan berubah mengikuti posisi yang baru. Tanda $ untuk menunjukkan absolut
(kolom atau baris) dapat Anda ketik secara manual atau dengan menekan tombol fungsi F4
dengan menempatkan penunjuk cell pada alamat cell yang akan diabsolutkan. Misalnya,
pada cell A5, jika Anda menekan tombol F4 hasilnya menjadi $A$5, jika Anda tekan F4 pada
posisi yang sama untuk kedua kalinya, hasilnya adalah A$5, tekan F4 sekali lagi akan
menjadi $A5.
9 Rumus dengan Referensi Cell Absolut
Cell absolut berarti cell tersebut baik kolom maupun barisnya terkunci (absolut kolom dan
baris), sebagai contoh $B$4 jika cell tersebut disalin, posisi kolom dan barisnya tetap.
LATIHAN : (simpan file latihan dengan nama Latihan Bab6)
1. Buatlah tabel seperti dibawah ini : (sheet1).
Dengan ketentuan hanya boleh menuliskan satu rumus kemudian disalin ke seluruh area
2. Buat laporan seperti dibawah ini: (sheet2)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar